10 Library yang Berguna Bagi Developer Android Pemula

Share it:

Penggunaan Library sangat berguna bagi kawan yang ingin praktis dalam pembuatan Aplikasi Android. Library dalam pembuatan aplikasi ada yang gratis  , open source bahkan berbayar , tentu sebagai pemula library yang di distribusikan secara gratis akan sangat membantu dalam produktifitas dan belajar seluk beluk pemrograman Android. Berikut 10 Library yang berguna untuk Android developer pemula :


1. Retrofit

Adalah type-safe HTTP client yang memungkinkan untuk menjabarkan REST API sebagai interface antar muka.Retrofit juga dapat memanipulasi API requests’ body, headers, query parameters, dll via annotations, sehingga akan tampak sederhana dan mudah. Retrofit memungkinkan pemanggilan  eksekusi API synchromous dan Asychronous 


2. Glide

Glide adalah manajemen media opensource yang cepat dan efisien. Glide juga merupakan framework dalam pemuatan gambar yang menggabungkan decoding media, cache memori dan disk, sehingga dapat memberi antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.


3.  Room

adalah library bawaan Android yang menyediakan abstraksi di atas SQLite sehingga memungkinkan untuk akses database yang lebih mudah walau tanpa menghilangkan fitur - fitur yang ada pada SQLite.



4. Gson

Gson adalah Library Java yang dapat digunakan untuk mengubah Objek Java menjadi representasi JSON dan digunakan untuk mengonversi string JSON ke objek Java yang sesuai. Gson dapat bekerja dengan objek Java arbitrary termasuk objek yang sudah ada sebelumnya walau tidak punya sumber kode.



5. Picasso

adalah library gambar untuk Android, berguna untuk pemuatan dan pemrosesan gambar. Picasso menyederhanakan proses menampilkan gambar dari lokasi eksternal.


6. Lottie

adalah library untuk Android, iOS, Web, dan Windows yang mem-parse animasi  Adobe After Effects  dan di eksport sebagai json dengan Bodymovin dan me-render secara native di mobile juga web.


7. Dagger

merupakan library yang digunakan untuk proses penerapan Dependency Injection pada aplikasi android dan Java. Dependency injection adalah sebuah design pattern yang digunakan untuk menulis kode program yang lebih sederhana yaitu tentang bagaimana mengirimkan objek ke dalam sebuah class yang membutuhkannya (loosely-coupled). Dependency ialah objek yang akan digunakan atau di kirim, dan Injection adalah pengiriman objek A ke objek yang membutuhkan.


8. RxAndroid

Ini adalah salah satu library untuk mengaktifkan Reactive Programming dalam pengembangan Android. RxAndroid merupakan framework untuk menyederhanakan tugas concurrency/asynchronous yang ada pada mobile programming.

9. Fast Android Networking

Fast Android Networking adalah library yang cukup powerful untuk melakukan banyak hal dalam networking di aplikasi android dimana digunakan di atas layer OkHttp Networking. FAN akan mengurusi segala hal sehingga kita hanya membuat request dan listen untuk response.



10. Slice

Slices merupakan library yang memungkinkan menampilkan konten pada komponen seperti bermacam konten teks , gambar dan aksi secara dinamis dan interaktif .Slices biasa digunakan dengan fitur jetpack compose.


itulah 10 library yang mungkin berguna bagi developer android pemula , sebenarnya tidak hanya ada 10 saja namun kembali lagi library diatas berguna atau tidak itu tergantung dari proyek aplikasi seperti apa yang ingin kita buat.


Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Android

Post A Comment:

0 comments: