Q&A Android Dasar : Interview Singkat

Share it:

Android adalah operating system yang menguasai pasar smartphone dunia saat ini.Q&A ini berguna bagi android developer yang mencari peruntungan bekerja di perusahaan saat interview nantinya. Semoga bermanfaat :


Android - pixabay



Apa itu Android Manifest  ?

Android manifest adalah file XML yang wajib di ada pada proyek android yang dibuat. Manifest berisi informasi sebagai berikut :

1. Nama package

2. Komponen dari aplikasi seperti : activity,fragment dan services (iklan dll)

3. Permissions yang dibutuhkan oleh pengguna untuk akses 


 Apa itu Gradle ?

IDE android studio menggunakan gradle untuk membuat aplikasi. Gradle merupakan open sourcce build system yang digunakan untuk  deployment,testing,building dll .


Apa itu activity dan fragment ?

Sebuah activity merupakan hal yang wajib ada agar aplikasi  dapat berjalan, sebuah class activity mengintepretasikan  kerja aplikasi pada activity layout (UI). Fragment adalah penunjang activity yang bisa berisi fungsi - fungsi khusus. Sebuah app bisa berisi 1 activity dan banyak fragment.


Apa saja Method Lifecycle ?

OnCreate(). Method ini dieksekusi saat pertama kali Activity dijalankan. Dimana di method ini kita men set-up semua komponen Activity, seperti menset-up interfacenya. Jadi ketika OnCreate ini dijalankan, aplikasi mulai membangun dan menampilkan interfacenya.

OnStart(). Method ini dieksekusi setelah OnCreate selesai dijalankan dan juga pada saat sebuah activity akan terlihat oleh user. Jadi disini bisa kita isi dengan kode program misal untuk pengambilan data dari database. Logikanya setelah interfacenya selesai dibangun di OnCreate, nah pada saat itu interfacenya udah kebentuk yah kan, setelah itu baru kita jalankan pengambilan data ini.

OnPause(). Method ini dijalankan pada saat Activity berada di belakang layar, maksudnya ketika lo keluar dari aplikasi itu. Nah biasa gue gunain OnPause ini untuk menyimpan data, gue ambil contoh misal ketika user udah ngetik panjang banget pesan teks, tiba-tiba ada yang nelfon. Nah pada saat itu data tersebut ga kesimpen, kan kesel jadinya si user itu.

OnResume(). Method ini dieksekusi setelah OnStart selesai dijalankan, lalu pada saat user kembali ngebuka aplikasi kita yang masih dalam keadaan dibelakang layar (belum di destroy). Pada method ini biasanya gua gunakan untuk mendapatkan data. Logikanya begini, misal pada saat OnPause kita udah nyimpen data nih, nah pas OnResume ini kita tampilkan data nya kembali yang udah kesimpen tadi.


Bagaimana mengatasi screen sizes layout yang berbeda ?

OS android juga digunakan pada banyak ukuran device dan resolusi, dalam membuat sebuah aplikasi harus mengetahui pada device seperti apa aplikasi dijalankan.Cara mengatasi hal tersebut adalah :

1. Menggunakan dimensi view pada fitur android studio

2. Buat layout khusus yang tergantung pada tipe device / screen

3. Menyediakan gambar sesuai resolusi / dengan vector


Sebutkan 3 tipe layout pada android studio ?


1. Constraint Layout

2. Linear Layout

3. Relative Layout


Apa itu RecyclerView ?

RecyclerView adalah widget pada Android SDK yang sering digunakan oleh aplikasi pada umumnya untuk menampilkan urutan dari elemen UI. RecyclerView menampilkan sebuah daftar yang panjang bisa dalam satu layar dengan fungsi scrolling.

Tipe layout untuk RecyclerView yakni Linear Layout dan Grid Layout.

RecyclerView  Adapter diperlukan agar RecyclerView  dapat tampil di setiap ViewHolder


Apa yang dimaksud Support Library ?

Android support libraries adalah package yang berisikan koding tertentu yang mendukung sistem android.  Libraries sangat dibutuhkan untuk fitur tertentu pada platform android, saat ini android menggunakan androidx namespace menjadi bagian support libraries.

Library eksternal juga bisa digunakan untuk mendukung aplikasi kita walaupun dibuat diluar support Android/google.


Apa itu intent ?

Intent adalah suatu cara dari obyek yang bertujuan untuk adanya aksi lanjut dari komponen lainnya (activity/services dll). intent dibagi dua yakni :

1. Explicit intent

Tujuan harus spesifik artinya kode harus tertulis nama target aplikasi atau komponen nya, bisa langsung intent ke aplikasi luar namun pada umumnya explicit intent menargetkan komponen - komponen dalam satu aplikasi aja.

2. Implicit intent

Tidak perlu spesifik dalam penulisan kode tujuan intent, artinya sistem android yang menggantikan aksi tersebut. Contoh saat aplikasi akan share sebuah file maka sistem android yang akan menampilkan pilihan - pilihan opsi share tersebut.


Apa itu lokalisasi pada android ?

Lokalisasi sangat dibutuhkan ketika aplikasi kita menargetkan suatu lokasi tertentu. Misalnya aplikasi A ingin launching di Indonesia maka dia harus membuat App string khusus untuk bahasa atau mata uang, format angka dan sebagainya.


Apa itu Android Jetpack ?

Merupakan setelan library yang dirancang khusus untuk android. Library ini menyediakan banyak fitur yang cocok untuk device android saat ini.

Pola MVVM dalam komponen arsitekturnya  termasuk dalam library jetpack.


Apa itu Data Binding ?

merupakan suatu library untuk menulis layout deklaratif sehingga kita tidak lagi menggunakan class interface yang terlalu banyak 


Apa itu Live Data ?

Live Data adalah pengamat pada class, biasa digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan pada DataHolder sehingga bisa juga disebut lifecycle-aware.


Apa itu Room ?

Room adalah library yang dibuat dengan SQLite yang memungkinkan untuk membuat database secara mudah. Room akan cache aplikasi data secara lokal sehingga apikasi dapat berjalan tanpa menggunakan internet sekalipun.


Apa itu ViewModel ?

Merupakan sebuah class yang menampilkan data dari UI, viewmodel sangat berguna saat seperti rotasi layar pada device.


Apa itu Navigation Component ?

Merupakan sebuah framework yang dapat mengatur navigasi dalam sebuah aplikasi seperti navigasi pada app bar dan drawer . Navigasi diperlukan agar user mendapatkan fungsi / fitur dari aplikasi secara jelas.


Contoh library yang populer pada android ?


1. Network request : Retrofit,GraphQL

2. Image : Picasso

3. Injection : Dagger

4. Reactive Programming : RXJava / RXKotlin


Sebutkan direktori Testing pada Android ?

1. Direktori test adalah unit test yang berjalan lokal di aplikasi

2. Direktori AndroidTest adalah test yang berjalan pada device. AndroidTest bisa untuk test integrasi dan end-to-end testing.


Apa itu  Instrumentation Test dan UI test ?

Instrumentation test hampir mirip dengan unit test namun tergantung pada device / simulator yang digunakan. contoh Junit dan Mockito 

UI test diperlukan untuk menstimulasi interaksi pengguna pada UI . Contoh Espresso



Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Android

Post A Comment:

0 comments: