IT

Mengapa Menggunakan Kotlin untuk Android Development ?

Share it:
Kotlin adalah Bahasa pemrograman yang statis dibuat oleh perusahaan jetbrains,saint petersburg.Kotlin menyediakan kompabilitas dengan java dan berjalan pada java virtual machine (JVM).Menurut data di StackOverFlow pemrograman Kotlin termasuk dalam sepuluh besar di tahun 2019 kemarin.Beberpa perusahaan startup terkenalpun sudah menggunakan kotlin seperti uber,evernote,coursera dll untuk pengembangan android mereka. Mengapa harus menggunakan Kotlin untuk Android Development ?
Developing code - pixabay


1. Kotlin memungkinkan untuk menulis sedikit kode

Kode yang tidak terlalu banyak sangat penting dan semakin sedikit kode yang ditulis justru semakin bagus untuk sebuah aplikasi dan sedikit kode akan menghasilkan sedikit bugs pula.

2. Menjadi tantangan bagi para developer

Kotlin berasal dari industri bukan dari akademisi, Jetbrains sendiri membutuhkan tool - too l yang sederhana dibandingkan dengan java yang telah menjadi salah satu bahasa pemrograman utama di produknya (Intellij idea).Perusahaan ini membuat investigasi dan riset sendiri sehingga memutuskan untuk membiat kotlin yang mampu secara efektif dapat digunakan bersamaan dengan java.

Jadi masalah yang ada pada Kotlin saat ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagai para programmer.Sebagai contoh dimana kotlin mempunyai sistem untuk menghindari null pointer exceptions.

3. Adaptasi Kotlin itu mudah


Kamu bisa migrasi proyek java ke kotlin dengan mudah pada pengembangan aplikasi android. Dengan java kompatibel memungkinkan programmer memahami  code base dengan cepat, kotlin juga memiliki akses ke semua java framework dan library dimana penulisannya akan lebih jelas dan ringkas.


4. Kotlin memiliki komunitas yang kuat


Jetbrains secara terus menerus  telah mengembangkan kotlin dengan baik sehingga produk - produk mereka bisa digunakan oleh  para programmer, sehingga segala bentuk bugs dan fitur dll dapat dilaporkan dan dicari solusinya oleh pihak jetbrains.Hal ini membentuk komunitas tersendiri dan dukungan yang kuat bagi pihak pengembang.



5. Pengembangan Kotlin lebih aman



Pengembang Kotlin terintegrasi dengan semantics principle yang mencegah adanya kesalahan - kesalahan umum yang biasa terjadi pada program. Hal ini memungkinkan implementasi tugas yang sama akan menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami sehingga kesalahan akan sulit dilakukan dan lebih mudah ditemukan karena kode yang lebih sedikit.



Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

IT

Post A Comment:

0 comments: