Internet on form : Kekuatan Viral Sosial Media

Share it:
Hal yang tidak pernah terjadi pada era sebelum hadirnya internet adalah salah satunya kekuatan viral. Apa itu viral ? menurut KBBI viral terbagi menjadi 2 arti yakni kata benda sebagai sebuah virus dan kata kerja yang bersifat menyebar dengan cepat dan luas.

platform sosial media



Media viral berbagai platform

Tidak ada konten khusus agar dapat viral diinternet, namun biasanya konten(tulisan,video dan gambar) yang viral di internet yakni konten yang berisi hal - hal yang ekstrim (bisa baik bahkan hal buruk). Konten diluar kewajaran akan lebih mudah menarik para netizen untuk menyebarkan konten  - konten tersebut sehingga menarik lebih banyak orang . 

Facebook saat ini memang menjadi salah satu platform di indonesia yang banyak menyebabkan suatu konten menjadi viral, dikarenakan jumlah user facebook yang kebanyakan adalah masyarakat menengah dan berbagai kalangan.  Facebook sendiri tidak membatasi jumlah tulisan dan video yang dibuat dan disebar juga banyak sekali tool pada facebook untuk menyebarkan secara otomatis konten - konten tersebut ke dalam sebuah grup yang memiliki jumlah puluhan ribu user per grupnya. Sistem seperti ini memungkinkan konten menjadi viral lebih cepat.

Sedangkan pada platfrom twitter sendiri agar suatu konten menjadi viral diperlukan banyak hashtag dan penyebutan nama dalam suatu rentang waktu, sehingga dapat dikategorikan dalam trending topik. Viral juga bisa terjadi pada user twitter yang telah terverivikasi yang membuat konten diluar kewajaran dan membuat heboh para penggemarnya, user ini biasanya adalah artis atau tokoh yang sering diliput media nasional. Hal seperti ini juga sama pada platform youtube dan sejenisnya.

sosial media - pixabay.com


Dampak Viral tergantung pada kondisi moral masyarakat

Konten viral biasanya merupakan konten yang diluar kewajaran. Positifnya adalah konten - konten yang viral akan ditayangkan di televisi dan koran, hal itu akan menjadi perhatian besar bagi masyarakat yang lebih luas. Bila konten tersebut mengandung unsur - unsur yang bernilai kejahatan dan moral maka pihak berwajib bisa menindak lanjuti konten tersebut, maka biasanya solusi dan akhiran dari konten tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi siapapun.

Pemerintah Indonesia sendiri telah membuat UU ITE khusus untuk para pembuat konten agar tidak menyalahi aturan  - aturan dalam ber internet. Undang - undang tersebut dibuat memang beberapa tahun belakangan sejak internet telah menjadi bagian hidup bermasyarakat, walaupun semangat berinternet sejatinya  adalah melepaskan diri dari aturan - aturan yang ada di dunia nyata.

Benteng moral masyarakat akan terus diuji dengan munculnya konten - konten viral terutama para netizen yang kebanyakan adalah masih berusia produktif.Internet pada dasarnya tidak memandang lagi batas wilayah dan moral suatu negara setidaknya pemerintah hadir memberikan perhatian khusus dan aturan baik bagi para platform juga netizen  agar bijak dalam berselancar di dunia maya.
 
Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Lounge

Post A Comment:

0 comments: