7 Sertifikat IT Gratis di Tahun 2019 yang Mantap Dicoba

Share it:
Dunia informasi teknologi sangatlah berkembang sepuluh tahun terakhir ini dari tingkat kesulitan paling bawah sampai yang paling atas.Bagi kamu yang masuk di industri IT ini harus terbiasa dengan belajar sesuatu yang baru apalagi yang belum ada solusi nya maka insiatif dan rekayasa sangat diperlukan.

Bagi para pemula proses belajar tidak hanya masuk dikampus tapi melalui online course yang banyak bertebaran di jagat maya dan tools - tools online yang sangat membantu akan membuat wawasan semakin banyak dan kesempatan juga semakin luas.itu yang paling penting.


sertifikasi IT gratis 2019


Sertifikat hanyalah bukti bahwa kita pernah belajar hal - hal yang dibutuhkan (perusahaan) misalnya namun yang paling penting adalah portofolio dari proyek yang sedang kita buat dan akan menjadi nilai plus tersendiri.Berikut sertifikasi bidang IT gratis yang bisa dicoba di tahun 2019 :

1. TOEFL / IELTS test (https://www.efset.org)

Tes bahasa inggris sangat penting sekali karena memang IT itu kiblatnya di amerika dan eropa yang mostly berbahasa inggris. Bahasa pemograman pun memakai bahasa inggris karena Algoritma chip nya juga memakai bahasa yang satu ini.

Jangan khawatir, tes ini benar - benar gratis juga teruji di sekolah Harvard dan kamu bisa mengukur kemampuan kamu dulu sebelum ambil tes berbayar. sertifikat nya bisa kita pajang di linkedln dan kalau kita belum puas dengan score-nya kita masih bisa tes berulang kali kapan pun.

2. Freecodecamp.org

Freecodecamp merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh developer - developer yang berbaik hati untuk memberi kesempatan semua orang menjadi programmer dan web developer.Lebih dari 8000 artikel dan video yang siap dieksplor.



freecodecamp program

Disini juga ada 6 sertifikasi yang setiap camp membutuhkan 300 jam (normalnya) untuk menyelesaikan satu bagiannya. pembelajarannya pun mudah dan bisa gunakan hint apabila stuck dalam menyelesaikan tugas - tugas. sangat membantu.


Selesaikan final project setelah itu baru bisa dapat sertifikat yang diinginkan, banyak sekali para awam yang mendapatkan job setelah ikut online camp disini.jadi jangan ragu untuk mendaftar dan dukung situs ini minimal kamu subscribe youtubenya atau kasih sumbangan  untuk biaya operasional mereka.


3. Microsoft (https://my.visualstudio.com)


Untuk yang satu ini memang tidak gratis semuanya tapi kita bisa dapat keuntungan dari mempunyai akun disini, kalian harus punya email outlook dahulu setelah itu pilih benefit untuk profesional dimana kita dapat 1-3 bulan langganan secara gratis di datacamp, pluralsight, dan wintellect.



visual studio benefit
3a. DataCamp (https://www.datacamp.com)

Klik activate dan kamu dapat referral link dari visual studio setelah itu sign up dengan email yang kamu punya, berlangganan 2 bulan gratis itu sangat menguntungkan selain dapat sertifikat kamu bisa pilih track untuk karir.

Datacamp terfokus ke data scientist,visualisasi data dan data engineer. Modul nya sangat bagus live coding juga ada hint dengan poin bila tidak bisa menjawab sangat cocok untuk pemula.Bahasa pemrograman yang digunakan  seperti gambar dibawah ini.

datacamp


3b. Pluralsight (https://www.pluralsight.com)


Tampilan situs ini sangat menawan menurut saya, konten - kontennya juga berkelas. Langganan gratis 1 bulan dari visual studio dibandingkan bila tanpa pihak ketiga hanya dapat trial 10 hari.



1 bulan langganan

saya pribadi belum coba sertifikasi nya apakah langsung diberikan atau tidak saat trial, lain halnya kalau coursera itu tidak bisa diselesaikan dalam waktu trial dan ujung - ujungnya kena bayar kalau ingin nebus. tapi silahkan dicoba banyak sertifikasi disini yang oke punya.


3c. WintellectNow (https://www.wintellectnow.com)


Untuk yang satu ini memang tidak ada sertifikat, hanya fullcourse video tapi sub modul nya detail dan bisa dipelajari dari awal sampai akhir dalam pembahasannya. Dengan benefit dari akun visual studio kamu bisa dapat 3 bulan langganan gratis.


3d. Xamarin University (https://university.xamarin.com/classes/track/certification)


Xamarin memungkinkan membuat native android ,ios dan windows apps dan satu code base yaitu .NET. Xamarin university sendiri tidak perlu membayar langganan untuk mendapatkan course dan sertifikatnya, kamu bisa dapat badge xamarin bila menyelesaikan semua course dan bisa dipajang di linkedln.


4. Google digital garage (https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage)


Situs yang satu ini lebih mengarah ke manajemen skill dan bagaimana membuat produk agar tumbuh secara marketing, tentunya dengan menggunakan produk google.Kamu akan dapat sertifikat kalau menyelesaikan semua modul dan menjawab benar pilihan ganda setelah course. ini 100 % gratis.



digital garage


5. Devgym Oracle (https://devgym.oracle.com)


Oracle punya cara sendiri dalam memberikan pengajaran. Menurut saya konten pembahasan SQL dll disini sangat mudah dimengerti dan jelas, apalagi ada quiz dan modul yang bisa diakses sehingga bisa mendapatkan skor yang maksimal. Jika lulus skor kamu bisa dapat sertifikat dari Oracle,yang membedakan disini juga ada turnamen bagi para developer dan quiz mingguan.Memang baru hanya ada 5 open class yang bisa kamu dapatkan sertifikatnya.



devgym oracle


6. Open HPI (https://open.hpi.de)


Dari domainnya saja .de yaitu deutsch yakni german, namun jangan bersedih hati course bahasa inggris nya juga ada disini.Pengajarnya profesor - profesor jerman pastinya,untuk dapat sertifikat ada ketentuannya seperti pada gambar dibawah ini.Tapi sayang streaming nya agak lemot dan susah pas saya coba.



openHPI

7. Udemy (https://www.udemy.com)


Situ udemy sangat digemari karena course - coursenya murah dan tidak independen artinya semua orang bisa jadi pengajar.Oleh karena itu disini ada yang bagus ada yang tidak, bahkan beberapa hanya seperti presentasi power point dan teori - teori yang bikin ngantuk,juga ada yang suaranya gak jelas dsb. Oleh karenanya lebih baik hunting kupon disini lebih baik dari sekedar beli course, tapi kalau  kamu yakin coursenya berkualitas ya gak apa  - apa silahkan saja. Dapat kupon darimana agar bisa dapat sertifikat partisipasi gratis ? silahkan join di channel telegram apps dan search udemy pasti dapat deh.


Yah itu tadi 7 sertifikasi gratis IT yang bisa dicoba di tahun 2019.Sertifikasi itu cukup bernilai untuk menambah value CV kamu apalagi yang gratisan hehe, eh sebenarnya ada satu lagi yaitu MVA (Microsoft virtual academy) tapii januari 2019 ini akan shuting down (ditutup) kabarnya begitu. MVA sendiri sudah hadir sejak 2012 kalau gak salah. Barangkali kamu punya info - info sertifikasi IT gratis lainnya bisa komen disini ya..




Share it:

IT

Lounge

Post A Comment:

0 comments: