Fenomena Ust.Abdul Somad di jagat maya 2017

fenomena ustad abdul somad
Share it:
Fenomena populer Ust Abdul Somad memang tidak pernah diperkirakan sebelumnya, dakwah beliau yang dikenal lugas namun tetap suka bercanda dan berbobot menjadi santapan renyah bagi para jamaah. Umat islam indonesia tampaknya haus akan pendakwah seperti beliau setelah sepeninggal ustad KH Zainuddin MZ dan uje'. 

Kajian di Makassar


Biografi

Ustad Abdul Somad, Lc., M.A. (Arab: عبد الصمد‎, lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977; umur 40 tahun) adalah seorang pendakwah dan ulama Indonesia yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan Ilmu fikih. Selain itu, ia juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.Namanya dikenal publik karena Ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran Youtube. Ustadz Abdul Somad saat ini bertugas sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau

Ustadz Abdul Somad menempuh pendidikan formal terakhir saat ini hingga jenjang master dalam bidang Ilmu Hadis, secara terturut-turut pendidikannya dapat dituliskan sebagai berikut:
  • SD al-Washliyah, tamat 1990
  • Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
  • S1 Al-Azhar, Mesir
  • S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko, 2008


Dikenal via media sosial

Kekuatan media soaial memang tidak bisa dianggap remeh.Ust Abdul Somad sendiri mengakui bahwa media sosial menjadikan dia terkenal di seluruh indonesia, dari beberapa ceramah beliau pun menganjurkan menshare sebanyak - banyak nya agar dapat diketahui seluruh masyarakat.Pada bulan pertengahan tahun hingga akhir 2017, ceramah ust abdul somad sempat menjadi trending di youtube indonesia dan ditonton ratusan ribu orang.Ceramah beliau yang tegas namun memiliki intrik komedi menjadi daya tarik bagi para viewersnya.

Mengaku Kader NU Garis Lurus

Pada ceramahnya beliau mengaku pula bahwa beliau adalah kader NU garis lurus, hal ini menjelaskan bahwa ada pula kader NU yang menyimpang dari jalan organisasi.Beliau jelas menolak upaya liberalisasi ,pluralisme (semua agama sama) dan komunisme.

Mengutamakan persatuan sesama umat

Pada kesempatan ceramahnya beliau selalu menjelaskan perbedaan mazhab yang terjadi pada masyarakat islam indonesia sehingga sering menjadi debat sengit antara individu / kelompok muslimin.Sebagaimana contoh penggunaan qunut pada sholat shubuh.
Beliau juga menghimbau umat islam untuk memilih pemimpin yang muslim dan bersatu dalam ekonomi keumatan.Beliau juga menyarankan membaca buku - buku yang beliau sebut dalam ceramahnya sebagai referensi jamaah.

Dianggap anti NKRI

Penggunaan takbir disetiap ceramah ternyata mengganggu umat non muslim yang tidak menonton video ceramah beliau.Pembawaan beliau yang dikatakan ekstrim dan anti kebhinekaan dibantah beliau sendiri dalam caramahnya , bahkan beliau menyindir orang - orang yang tidak suka dengan beliau karena tidak punya paket internet untuk menonton video sampai selesai.

Diundang pejabat dan TV

Ketenaran beliau di jagat maya dibutikkan dengan banyaknya undangan ceramah dari organisasi /instansi /pejabat bahkan TV Swasta.Dalam ceramahnya beliau mengatakan tidak semua undangan diterimanya dikarenakan kesibukan utamanya yakni sebagai dosen di IAIN Riau.
Share it:

Lounge

Post A Comment:

0 comments: